.
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ - السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Wednesday, April 29, 2015

Renungan Untuk Anak & Orang Tua (sakaratul maut)


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ - السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Tidak lama lagi, tidak akan lama lagi kematian itu akan mendatangi kita.
Tidak akan lama lagi diatas kuburan kita tangisan mengiris hati, tangisan dari buah hati kita, di saat kita tiada. ia tatap pusara ayahnya dengan tatapan yang nanar. ia bersimpuh di depan makam ayahnya dengan linangan air mata, dan iapun bergumam...

Ayah, bagai mana keadaan ayah sekarang ? apakah ayah sedang berbahagia di alam sana, atau berduka karna tak tahan dengan beratnya siksa ?

Ayah, orang alim mengatakan, bahwa setiap hamba akan di tanya tentang imannya. diantara mereka ada yang bisa menjawab dan tak sedikit pula yang hanya membisu. apakah ayah termasuk yang bisa menjawab, atau hanya membisu ?

Ayah, orang alim mengatakan, bahwa kuburan itu bisa menjadi luas atau malah menjadi sempit. bagai manakah kuburan ayah. lebih luaskah atau malah tambah menyempit ?

Ayah, orang alim mengatakan, bahwa kain kafan orang yang meninggal ada yang di ganti dengan kain kafan dari surga, dan ada pula yang di ganti dengan kain kafan dari api neraka. kain kafan dari mana kah yang ayah gunakan sekarang ? dari surga atau dari neraka ?

Ayah, orang alim mengatakan, bahwa kuburan itu merupakan secuil taman, dari taman-taman syurga. tetapi juga merupakan dari sebuah lubang dari lubang neraka. bagai mana kuburan ayah sekrang ?
taman syurga atau kah lubang neraka ?

Ayah, orang alim mengatakan, bahwa orang yang di kebumikan itu ada yang menyesal dan ada yang bahagia. aku tidak tau apakah ayah termasuk yang bahagia atau kah yang menyesal.

Ayah, orang alim itu berkata, bahwa liang kubur bisa menghangatkan simayat dengan memeluknya. bagaikan pelukan seorang ibu kepada anaknya. tetapi juga bisa menjadi himpitan erat yang meremukan tulang menulang. bagai mana keadaan tubuh ayah sekarang ? pelukan mana yang ayah rasakan ?


Banyak orang menyangka usia tua, sakit, kecelakaan adalah hal yang menjadi penyebab kematian, begitulah anggapan sebagian besar umat manusia. namun anggapan ini tidak selalu benar, kenyataan yang ada kematian itu bisa datang di saat kita sedang makan, berlari, bekerja, belajar berwisata atau bahakan sedang beribadah, atau sedang tidur dan membuat kita tidur untuk selamanya. dan hal tidak mungkin yang istri/suami kita yang kita lihat segar bugar, atau anak kita yang selalu terlihat ceria, akan pergi lebih dulu meninggalkan kita  menuju alam selanjutnya (di alam kubur)

Di dunia ini semua berjalan begitu cepat dan serba tidak terasa, seolah-olah kita adalah tamu yang datang dan sekejap pergi dengan cepat...
puncak popularitas, puncak kekuasaan dan bahkan puncak kemewahan semua itu di nikmati dalam satu masa yang sangat cepat.,, yang sangat singkat.

Dari orang-orang yang terdahulu yang pergi meninggalkan kita yang sekarang menjadi penghuni pemakaman, hendaknya menjadi nasehat pengingat kematian bagi kita, begitu juga dengan bertambahnya usia = dengan berkurangnya umur, mempersingkat waktu hidup kita.

Sungguh kita yang memilih sendiri bagai mana ahir hidup kita. memilih ahir yang bahagia (dalam ta'at kepada allah) atau ahir yang sensara (dalam kubur dan neraka jahannam).
alangkah indahnya jika hidup di dunia ini berakhir dengan khusnul khotimah, yang akan menjadi sebagai kenangan indah, ketika kita hidup abadi di surga allah SWT...

aminkan jika di bawah ini juga do'a kalian untuk orang-orang yang mendahulukan kita dan untuk orang-orang tua kita,,,
amiinnnnn......

Yaa allah mereka telah kembali ke pangkuanmu, yaa allah hari ini mereka tidak lagi bersama kami.
Tetapi kami mohon ya allah masukkanlah rasa bahagia kepada semua ahli kubur...
Harumkan lah kuburan mereka dengan wewangian do'a-do'a kami...



  • Kalau Arwah mereka didalam kubur sedang disiksa ya Allah tolong dilepaskan siksa itu dari mereka ya Allah... 
  • Kalau Arwah mereka didalam kubur sedang dalam gelap gulita tolong berikan cahaya kepada mereka ya Allah...
  • Kalau Arwah mereka didalam kubur sedang sempit ya Allah tolong berikan kelapangan bagi mereka ya Allah...
  • Kalau Arwah mereka didalam kubur sedang susah ya Allah tolong berikan ketenangan bagi merekayaAllah...
  • Semoga kita dapat melaksanakan kiriman do'a ini kepada Almarhum dan Almarhumah orang tua kita sehingga kita termasuk anak yang berbakti kepada kedua orang tua kita walaupun mereka telah berada di alam kubur...

Sampaikan salam kami yang tulus, salam bagi kalian wahai ahli kubur, kalian sudah mendahului kami, dan insy'allah kami akan segera menyusul kalian...

Rasulallah SAW bersabda :"Barang siapa yang menyampaikan 1
(satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya,maka
walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala." (HR. Al-Bukhari)

Penulis : Hamba Allah

About Hamba Allah :

Semoga ilmu yang tidak seberapa ini bisa bermanfaat bagi kami khususnya dan untuk saudara-saudara sekalian
View All Posts By Hamba Allah !

Bercomentar lah yang sopan :"jangan suka menghina orang lain, karna belum tentu engkau lebih mulia dari orang yang kau hina" Berkomentar lah yang sopan dan baik, jangan mencela orang lain atas kata-katanya yang tidak baik, silahkan beri masukan jika ada pendapat atau ada kesalahan dari artikel diatas, terimakasih wassalam.

Comments
0 Comments

0 komentar:

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

All Rights Reserved. 2014 Copyright CLICKER

Designed By : HAMBA ALLAH

Top