بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ - السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Friday, May 22, 2015

KELUARGA JIN



apakah anda percaya jikalau jin mempunyai keluarga ?
kata jin, berasal dari kata jannah yang berarti segala sesuatu yang tersembunyi.
Ibnu mansyur mengatakan bahwa di namakan Jin karna mereka tersebunyi dan tidak terlihat oleh mata. Dinamakan janin karna iya tersembunyi di perut ibunya, orang-orang jahiliyah dulupun menamakan malaikat  dengan Jin, dikarnakan mereka tersembunyi atau tidak bisa di lihat oleh mata telanjang, sebagai mana firman allah SWT.

"Dan kami telah menciptakan Jin (sebelum adam) dari api yang sangat panas" (Qr Al-Hijr-27)

Keadaan jin dan setan ini telah di akui dan di tetapkan, dengan alkuran dan hadis maupun para ulama, semingga ada sebuah pendapat bahwa Jin bisa menikah dengan manusia, begitu juga sebaliknya, bahkan lebih jauh lagi dari hasil perkawinannya, konon bisa menghasilkan sebuah keturunan, tentu saja hal ini banyak di perbincangkan sekaligus di perselisihkan di kalangan ulama. sebagai mana telah di ketahui bahwa bangsa jin pada dasarnya memiliki kehidupan yang sama dengan manusia, mereka mempunyai keluarga, ada yang ta'at dan ada juga yang ingkar, merka juga mempunya tempat tinggal yang layaknya manusia, dan diantara tempat tinggalnya jin salah satunya adalah jin yang tinggal dalam lubang, sekaligus lubang tersebut di jadikan rumahnya. Rosulallah SAW bersabda :

Dari abdulloh bin sarjana Rosulallah SAW bersabda "janganlan seseorang diantara kamu kencing di lubang, mereka bertanya kepada Qotada, mengapa tidak boleh kencing di lubang ?
Qotada menjawab : Rosulallah SAW berkata karna lubang itu adalah tempat tinggalnya golongan Jin (Hr nasai dan ahmad)

Sebelum nabi adam turun kebumi di ceritakan bahwa yang pertama kali menempati bumi ini adalah bangsa jin yang di kelompokan menjadi Abal Jan dan Banul Jan, 2 kelompok ini terus menerus bertempur dan tidak pernah bersahabat. Kedian malaikat bertanya kepada Allah SWT apakah Allah akan menciptakan seorang khalifah yang akan saling menumpahkan darah, maka Allah memerintahkan kepada Azazil sebagai pemipin para malaikat untuk menahlukan Abal Jan dan Banul Jan di bumi ini, kemudian setelah ditahlukan Allah menciptakan nabi Adam.

Para ulama sepakat bahwa jin atau setan berasal dari nenek moyang yang bernama iblis, sedangkan nama lain dari jin atau setan adalah Azazil sebagaimana yang telah di sabdakan Rosulallah SAW.

Diriwayatkan oleh al-baihagi dan ibnu hakim, dari ibnu abbas bahwasahnya Rosulallah SAW bersabda : "Dahulu iblis namanya adalah Azzazil, dia termasuk dari malaikat-malaikat yang paling mulia yang memiliki empat sayap, kemudian dia durhaka setelah itu"

Malaikat di ciptakan Allah SWT dari cahanya dan di tiupkan kepada malaikat ruh dan akal, akan tetapi malaikat tidak di beri syhwat, karna itu malaikat tidak makan tidak minum, tidak beristri/bersuami dan tidak juga tidur, hidup maaikat hanya semata-mata menjalankan perintah allah SWT dan senantiasa ta'at kepada Allah. 

Sedangkan Bnu jan di ciptakan Allah dari api, mereka makan, mereka minum, mempunyai istri, serta mempunyai keturunan layaknya manusia. namun pada prosesnya Banul jan yang lebih awal di ciptakan oleh Allah berbuat sombong dan sekaligus membangkang terhadap perintah Allah SWT, mereka tidak mau bersujud kepada Adam, sekalipun semua malaikat sujud kepada adam, sebagai bentuk penghormatan, sebagai mana yang dicritakan Allah dalam salah satu firmannya :

"Allah bertanya kepada iblis, apakah yang menghalangimu untuk bersujud kepada Adam As, di waktu aku menyuruhmu?
Iblis menjawab : Aku lebih baik dari Adam, engkau menciptkan aku dari api, sedangkan dia (Adam As) engkau ciptakan dari tanah. maka Allah SWT mengeluarkan iblis dari surga." (Qs Al-A'raf-13)

Sesudah blis di keluarkan oleh Allah dari surga, maka iblis meminta kepada Allah agar umurnya di panjangkan hingga datangnya hari kiamat, Iblis mengancam kepada nabi Adam dan kepada keturunannya, mereka akan di bujuk supaya sesat dari jalan Allah yang benar, hingga tidak ada yang ta'at mengikuti perintah Allah SWT.  Inilah wujud keta'atan yang Allah pinta dari semua ciptaannya. apabila Allah sudah tetapkan, maka ta'atilah, walaupun ketetapan itu bisa jadi pertentangan dengan kemauan kita. itulah sejatinya iblis yang tidak terima dengan diciptkannya manusia yang kemudian di muliakan Allah pada hal terbuat dari tanah. Iblis sengaja menggoda manusia dari berbagai arah, baik dari arah kanan, kiri, depan dan belakang sampai mau mengikuti bujuk rayuan hingga menjaditemannya dan bersama-sama memasuki neraka.

About Hamba Allah :

Semoga ilmu yang tidak seberapa ini bisa bermanfaat bagi kami khususnya dan untuk saudara-saudara sekalian
View All Posts By Hamba Allah !

Bercomentar lah yang sopan :"jangan suka menghina orang lain, karna belum tentu engkau lebih mulia dari orang yang kau hina" Berkomentar lah yang sopan dan baik, jangan mencela orang lain atas kata-katanya yang tidak baik, silahkan beri masukan jika ada pendapat atau ada kesalahan dari artikel diatas, terimakasih wassalam.

Comments
0 Comments

0 komentar:

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

All Rights Reserved. 2014 Copyright CLICKER

Designed By : HAMBA ALLAH

Top