.
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ - السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Friday, April 03, 2015

Dosa Paling Besar dalam agama islam

 
Dosa Paling Besar dalam agama islam ialah syirik, Syirik ialah suatu perbuatan yang menyimpang, suatau perbuatan yang menyamai, menduakan, mempercayai atau memintak pertolongan selain kepada allah, Seperti memuja setan, Menyembah pohon, menyembah batu,  Mempercayai jimat, Memintak pertolongan ke dukun serta melakukan suatu ritual yang tidak ada yang ajaran nya di dalam islam Dll.

Allah berfirman dalam surah (Al Maaidah: 72)
"Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga".

Macam-macam Syirik 
Syirik Terbagi 2 macam ya itu :

1. Syirik Besar 
2.Syirik Kecil

1. Sirik Besar ialah :
Syirik bersar bisa memurtadkan pelakunya dari agama allah ya itu agama islam, syirik ini akan mengabadikan pelakunya di neraka sebagai mana firman allah di dalam suroh (An Nisaa: 48).
"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya"

jika ia meninggal dalam keadaan syirik atau musrik dan tidak sempat bertobat sebelum mati maka ia akan kekal di dalam neraka selama. Syirik atau musrik terbagi menjadi beberapa bentuk sebagai berikut :

-Syirik Do'a, ya itu :
sirik yang di lakukan meminta yang selain kepada allah, di samping dia berdo'a kepada allah dia juga memintak pertolongan selain kepada allah.

-Syirik Niat, yaitu :
suatu perbuatan ibadah yang tidak di landasi niat kepada allah ta'ala, dia berbuat sedemikian bukan untuk allah melainkan untuk selain allah.

-Syirik Ketaatan, yaitu :
dia ta'at menjalani sesuatu melainkan bukan untuk allah atau dia malah ta'at dalam kemasyiatan

-Syirik Kecintaan, yaitu :
menyamai kecintaan keapada alah tapi selain kepada allah

2. Syirik Kecil
sirik ini tidak memurtadti pelakunya dari agama islam, namun mengurangi keimanan, ketauhitan kepada allah dan bisa mngantarkn kepada syirik yang besar.

contohnya : 
1. "aku bersumpah atas nama ibuku"
Rasulollh SAW bersabda " barang siapa bersumpa atas nama selain allah maka ia telah kufur atau berbuat syirik" HR. At-Tirmidz
2. syirik dalam ucapan yang sering kita ucapkan tanpa kita sadari "kalau bukan kehendak allah dan kehendak dosen" nah disitu sudah syirik, dalam kata "kehendak dosen" padahal jikalau allah menghendaki mau dosen atau siapapun tidak mengizinkan dan sedangkan allah mengizinkan apapun yang di kehendaki allah maka akan terjadi.

Refrenci dalam al-quran tentang Syirik :
QS. Al-Ankabut: 65
QS. Huud: 15-16
QS. At-Taubah: 31
QS. Al-Baqarah: 165
QS. At-Takwir: 29
Sumber : al-Quran dan hadist wallah hu'aklam bishawaf

About Hamba Allah :

Semoga ilmu yang tidak seberapa ini bisa bermanfaat bagi kami khususnya dan untuk saudara-saudara sekalian
View All Posts By Hamba Allah !

Bercomentar lah yang sopan :"jangan suka menghina orang lain, karna belum tentu engkau lebih mulia dari orang yang kau hina" Berkomentar lah yang sopan dan baik, jangan mencela orang lain atas kata-katanya yang tidak baik, silahkan beri masukan jika ada pendapat atau ada kesalahan dari artikel diatas, terimakasih wassalam.

Comments
0 Comments

0 komentar:

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

All Rights Reserved. 2014 Copyright CLICKER

Designed By : HAMBA ALLAH

Top